Al Fakir A Fahmi Abduloh

Al Fakir A Fahmi Abduloh

Kamis, 22 Juli 2010

laporan Bocryp

BAB I

Pendahuluan

1.1 Latar belakang

Di Indonesia terdapat banyak sekali jenis tumbuhan, baik tumbuhan tingkat tinggi maupun tumbuhan tingkat rendah, tumbuhan yang hidup di perairan atau tumbuhan yang hidup di daratan. Salah satu kawasan yang membudidayakan tumbuhan tersebut adalah kebun raya cibodas

Kebun raya cibodas atau Tanaman Hutan Raya (Botanic Garden), terletak di kompleks hutan gunung gede Pangrango, Desa Cimacan, Pacet, Cianjur. Topografi lapangannya bergelombang dan berbukit-bukit dengan ketinggian 1275 m dpl, bersuhu udara 17-27 derajat cecius. Kebun ini didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann sebagai cabang dari kebun raya bogor pada lokasi dikaki gunung gede. Dengan curah hujan 2380 mm pertahun dan suhu rata-rata 18 derajat celcius.kebun botani ini di khususkan bagi koleksi tumbuhan daratan tinggi basah tropika, seperti berbagai tumbuhan lumut dan paku-pakuan dan lain-lain.

Wilayah cibodas termasuk wilayah yang dingin atau lembab karena masih terdapat pepohonan . jumlah kendaraan yang sedikit sehingga kadar polusi pun masih minimum, oleh karena itu tumbuhan lumut daun (muysci) dab lumut hati (hepaticeae) dapat beradabtasi dengan lingkungan tersebut dengan sebaik-baiknya agar ia dapat hidup dan berkembang secara baik untuk melestarikan habitatnya. Tumbuhan ini dapat tahan pada terestirial yang lembab sehingga banyak yang di budidayakan di daerah cibodas dan perawetannya pun juga tergolong mudah.

Hal itu yang mendorong kami untuk melakukan pengamatan dean penelitian. Pengamatan dan penrlitian tersebut dilakukan pada tanggal 07 juli 2010. Pada penelitian ini kami mencoba untuk meneliti perkembangbiakan tumbuhan berdasarkan Divisi Bryophyta (tumbuhan lumut) yang di bedakan menjadi dua kelas yaitu Musci (lumut daun) dan Hepaticeae (lumut hati) dan DIvisi Pterydophita (tumbuhan paku-pakuan) yang dibagi kedalam empat kelas paku purba (Psilopsida), paku kawat (lycopsida) paku ekor kuda (Sphenopsida), Paku Sejati (Pteropsida). Yang ada di daerah bcibodas.

1.2 Tujuan

Tujuan kami melakukan penelitian dan penelitian adalah :

1. Mengetahui populasi tumbuhan lumut dan paku di daerah Cibodas

2. Bagaimana perkembangbiakan pada lumut dan tumbuhan paku

3. Adaptasi terhadap lingkungan tempat tinggal

4. Bagaimana cara pergiliran keturunan pada lumut dan tumbuhan paku

1.3 Manfaat

Manfaat yang diperoleh dari pengamatan dan penelitian ini yaitu kita dapat mengetahui keanekaragaman dari tumbuhan lumut dan paku-pakuan yang masing-masing memiliki keistimewaan. Hal itu yang menyebabkan kita harus bersyukur kepada Allah Yang Maha Esa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar