Al Fakir A Fahmi Abduloh

Al Fakir A Fahmi Abduloh

Senin, 13 Desember 2010

Narasi Tentang Pendidikan

Pendidikan adalah suatu wadah atau tempat untuk melakukan proses pembelajaran dalam mencapai tujuan belajar mengajar yang baik. Seorang pendidik sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar dan yang akan dihadapi oleh seorang pendidik adalah manusia. Dalam proses pembelajaran, pendidik bertugas untuk menumbuhkembangkan potensi. Menumbuhkembangkan potensi manusia ada beberapa tahap yaitu

1. Maksimal

Secara maksimal yaitu batas kemampuan yang dapat dimiliki oleh setiap manusia dan tidak bisa dicapai oleh setiap manusia.

2. Optimal

Secara optimal yaitu batas kemampuan yang hanya dimiliki oleh setiap individu dan tidak bisa dimiliki oleh setiap manusia.

Kemudian tugas seorang pendidik adalah menumbuhkembangkan potensi manusia secara

optimal. Karena jika seorang pendidik menumbuhkembangkan potensi manusia secara maksimal para peserta didik tidak akan mencapai hasil yang optimal.

Dalam proses menumbuhkembangkan potensi manusia, seorang pendidik harus memahami sifat hakikat manusia yaitu :

- Menyadari diri

- Kemampuan bereksintensi

- Kata hati

- Moral

- Bertanggung jawab

- Rasa kebebasan

- Kesediaan melaksanakan kewajiban dan menyadari hak

- Menghayati kebahagiaan

Dan kemudian seorang pendidik akan menemukan peta karakteristik manusia yang bermacam-macam,dan seorang pendidik harus mengenal karakteristik manusia dengan mempunyai landasan sebagai berikut :

- Sikap

- Strategi

- Pendekatan

- komunikasi

- Metode

- Model

- Tehnik

Dengan landasan bersikap yang dimiliki oleh seorang pendidik maka pendidik dapat melakukan pendekatan yang berfokus pada peserta didik. Setelah melakukan pendekatan, seorang pendidik akan menemukan stategi atau rencana. Dengan begitu, seorang pendidik dapat membuat metode untuk merealisasikan stategi atau rencana tersebut dengan tehnik dan model yang jelas. Ada dua macam proses belajar mengajar yaitu, secara klasikal (menyeluruh) dan individual. Dan pendidik harus mampu menciptakan pelajar secara kognitif, afektif, psikomotor.

Faktor yang mempengaruhi perkembangan peta karakteristik manusia salah satunya adalah kemajuan IPTEK. Seorang pendidik harus mengikuti perkembangan IPTEK karena dengan begitu seorang pendidik akan mengetahui semua yang dibutuhkan oleh peserta didik dan proses pembelajaran pun dapat mencapai hasil yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar